Kupas Tuntas Tujuan Dan Manfaat Terapi Akupuntur Untuk Keberhasilan Program Bayi Tabung (IVF)

Jika Anda termasuk ke dalam pejuang dua garis dengan metode bayi tabung, bisa mencoba akupuntur untuk keberhasilan program bayi tabung. Akupuntur mendukung dan mampu meningkatkan keberhasilan program IVF atau bayi tabung karena memiliki banyak manfaat.

Saat menjalankan prosedur bayi tabung, pastinya ada banyak cara yang dicoba oleh pasangan suami istri. Simak informasi mengenai akupuntur lebih jauh dan efeknya bagi pasangan yang sedang menjalankan program bayi tabung.

Apa Itu Akupuntur?

Akupuntur merupakan suatu cara pengobatan melalui stimulasi pada titik-titik akupuntur yang didasarkan pada bukti-bukti ilmiah. Selain akupuntur tradisional, terdapat akupuntur medik. Di mana, akupuntur ini merupakan kolaborasi obat tradisional dan modern.

Obat tradisional China yang biasa digunakan untuk akupuntur tradisional dengan kedokteran modern dan memang sudah ada dokter spesialis akupuntur medik. Dalam proses akupuntur, titik akupuntur adalah hal yang dicari, yaitu titik-titik khusus atau spesial. 

Pasalnya, ada bagian tertentu dalam tubuh manusia yang memiliki syaraf, pembuluh darah, dan pembuluh limfatik.

Siapa yang Bisa Mendapatkan Metode Akupuntur

Tidak semua gangguan pada tubuh bisa menggunakan metode akupuntur. Berikut adalah beberapa keluhan yang bisa disembuhkan dengan akupuntur, namun tentu saja dibutuhkan pemeriksaan berkala dan berkelanjutan:

1.  Nyeri

WHO merekomendasikan orang-orang dengan keluhan nyeri untuk melakukan akupuntur di posisi di mana banyak keluhan nyeri , misalnya di bagian bahu, pinggang bawah atau syaraf terjepit. 

Akupuntur terbukti efektif menghilangkan nyeri pada bagian tubuh dan tentunya dengan proses bertahap.

2.  Gangguan Fungsional

Selain nyeri, seseorang yang menderita penyakit gangguan fungsional, seperti asma atau alergi bisa diringankan dengan metode akupuntur. Dua penyakit ini bisa kambuh kapan saja dengan jangka waktu yang berbeda-beda setiap penderitanya.

Akupuntur dapat membantu meringankan durasi atau jangka waktu kambuhnya asma atau alergi bagi si penderita.

3.  Infertilitas

Hal yang menarik dari akupuntur adalah ternyata akupuntur dapat diaplikasikan pada seseorang yang memiliki masalah infertilitas atau susah memiliki momongan. Selain itu juga, akupuntur memiliki banyak manfaat bagi pasangan yang sedang menjalankan program hamil, yaitu program bayi tabung.



Program In-Vitro Fertilization (Bayi Tabung)

Dalam bahasa medis, program bayi tabung disebut dengan program In-Vitro Fertilization (IVF). In-Vitro adalah berada di dalam laboratorium atau kaca, sementara fertilization adalah pembuahan. 

Dengan begitu jika ditarik pengertiannya, IVF merupakan pertemuan antara sel sperma dan sel telur yang terjadi di dalam laboratorium, diluar tubuh si Ibu. Terdapat lima tahapan dalam proses bayi tabung itu sendiri:

1.  Stimulasi Sel Telur

Sejak lahir, wanita sudah dikaruniai banyak sekali sel telur di dalam tubuh, hanya saja belum matang.  Untuk mematangkan sel telur, dokter akan memberikan obat hormon untuk membantu mematangkan dan menstimulasi sel telur.

2.  Sel Telur diambil dari Indung Telur

Tahap kedua adalah setelah matang, sel-sel telur yang dinyatakan sehat akan diambil dari indung telur untuk dikumpulkan di dalam tabung.

3.  Proses Pembuahan

Selanjutnya di hari yang sama, sel sperma sehat yang sudah diminta dari suami akan ditaruh di dalam tabung laboratorium bersama dengan sel telur istri untuk kemudian dilakukan pembuahan.

4.  Pembentukan Embrio

Apabila pembuahan berhasil maka akan terbentuk embrio. Embrio tersebut akan dimasukkan ke dalam inkubator terlebih dahulu selama 48 jam atau dua hari.

5.  Transfer Embrio ke Dalam Rahim

Setelah embrio ditaruh di dalam inkubator selama dua hari, proses selanjutnya adalah melakukan transfer embrio tersebut ke dalam rahim istri.

Program bayi tabung ini memakan biaya yang cukup besar. Sementara untuk tingkat keberhasilannya, tidak lebih dari 50%. Kebanyakan yang berhasil melakukan program bayi tabung adalah wanita dengan usia di bawah 35 tahun.

Bagi para pasangan yang memang ingin melakukan program bayi tabung, sebaiknya segera saja melakukannya. Alasannya adalah karena tingkat keberhasilan sangat berkaitan dengan faktor usia, terutama pihak wanita.

Kapan Akupuntur Dapat Dilakukan Pada Proses Program Bayi Tabung?

Akupuntur dapat mulai dilakukan sejak sebelum sel telur dan sel sperma diambil dari istri dan suami. Hal ini terus dilakukan sampai berhasilnya penempelan embrio pada rahim sehingga akupuntur untuk keberhasilan program bayi tabung memberikan hasil yang signifikan.

Perlu diketahui bahwa terdapat penelitian yang menunjukkan hasil akupuntur. Di mana seorang wanita yang sudah mengalami kegagalan program bayi tabung sebanyak dua kali berhasil melakukannya setelah dilakukan metode akupuntur.

Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa keberhasilan keberhasilan program bayi tabung dengan akupuntur adalah sebesar 35%, sedangkan yang tidak melakukan akupuntur tingkat keberhasilannya sebesar 7% saja.

Manfaat Akupuntur untuk Keberhasilan Program Bayi Tabung

Ada beberapa manfaat akupuntur yang perlu diketahui bagi seseorang yang sedang menjalankan program bayi tabung, yaitu:

1.  Menyeimbangkan Hormon

Akupuntur dilakukan pada saat masa persiapan sebelum diberikan obat hormon untuk mematangkan sel telur. Hal ini akan berdampak pada hasil pemeriksaan darah, hormon, USG, dan lain-lain.

Dengan akupuntur ini, dokter dapat melakukan penyeimbangan hormon. Jika hormon terlalu tinggi maka akan direndahkan, begitupun sebaliknya. Untuk terapi akupuntur penyeimbangan hormon dilakukan di titik yang berbeda, misalnya telinga atau kepala tergantung keluhan pasien.

2.  Mengurangi Rasa Cemas dan Stres Terutama Saat Proses Transfer Embrio

Akupuntur memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa cemas dan juga stres yang dapat melanda, terutama saat terjadinya proses transfer embrio. Stres dapat menyebabkan berbagai macam masalah, termasuk pada saat proses transfer embrio.

Stres bisa menyebabkan aliran darah menuju rahim berkurang. Dengan dilakukan akupuntur pada titik-titik yang sudah ditetapkan, maka dapat menyebabkan tubuh lebih rileks, tenang, dan santai. 

Terapi akupuntur juga merangsang zat opioid endogen yang memberikan pengaruh positif bagi tubuh. Titik akupuntur di kepala, leher, dan wajah.

3.  Membantu Menyiapkan Lingkungan yang Optimal Selama Masa Implantasi Embrio

Transfer embrio dilakukan setelah embrio ditaruh dalam inkubator selama 48 jam. Selanjutnya akan dilakukan transfer ke dalam rahim Ibu sebagai rumah bagi si embrio. Untuk itu menyiapkan rumah yang baik bagi calon embrio sangatlah penting.

Akupuntur mampu membantu untuk menyiapkan rumah optimal dan bisa dilakukan selama masa implantasi embrio. Caranya adalah dengan melakukan tusukan di titik akupuntur di daerah perut sebagai lokasi ovarium dan rahim.

Walaupun memang tingkat keberhasilannya tidak terlalu tinggi, namun akupuntur patut dicoba. Tujuannya untuk membuat pasangan yang tengah menjalani program bayi tabung menjadi santai, tenang, dan rileks. 

Seperti yang diketahui, proses bayi tabung memakan biaya yang tidak murah dengan tingkat kepastian yang tidak tinggi. 

Kondisi seperti ini rentan membuat ibu maupun ayah rentan terkena cemas dan juga stres. Terapi akupuntur bagus untuk dijalani terutama untuk memberikan manfaat dari sisi tersebut.

Hal penting untuk dicermati dalam proses akupuntur untuk keberhasilan program bayi tabung adalah sinergitas antara beberapa pihak terkait, yaitu spesialis akupuntur, kandungan, dan andrologi. Selain itu, diperlukan pola hidup sehat yang harus dijalankan tidak hanya istri, namun juga suami. Baca Juga: Manfaat Akupuntur Untuk Keberhasilan Hamil Pada Program Bayi Tabung (IVF) Dan Tempat Praktik Terapi Akupuntur Di Indonesia

Subscribe to receive free email updates: