Panduan Menu Diet Sehat Selama 30 Hari! Kamu Harus Coba!

Agar tubuh tetap sehat dan semangat beraktivitas, menjalani diet sehat menjadi salah satu cara yang paling popular dilakukan terutama oleh kaum hawa. Agar metode diet yang dijalankan bisa memberikan hasil terbaik, Anda harus menentukan menu diet sehat 30 hari yang tepat sesuai kondisi tubuh.

Sayangnya, banyak dari kaum wanita yang menjalani diet ketat demi menurunkan berat badannya. Diet ketat yang dijalani ini hingga menurunkan kadar kalori dalam jumlah tidak sehat. Dalam beberapa kasus, diet ketat yang dilakukan menyebabkan tubuh kekurangan beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Rekomendasi Menu Diet Sehat 30 Hari yang Bisa Dicoba

Untuk membantu Anda merencanakan diet yang sehat selama 30 hari, berikut adalah beberapa menu diet sehat 30 hari yang bisa menjadi pilihan diet Anda sebulan.

1. Menu Hari Pertama

Menu untuk sarapan terdiri dari susu dan oatmeal. Sementara menu makan siang dan makan malam terdiri dari sepotong dada ayam panggang, semangkuk salad, dan segenggam nasi putih.

2. Menu Hari Kedua

Menu sarapan terdiri dari susu almond, baby spinach dan pisang. Menu makan siang dan makan malam yakni soto ayam, seporsi kentang rebus dengan perasan jeruk nipis.

3. Menu Hari Ketiga

Menu sarapan terdiri dari bubur kacang hijau, susu, dan alpukat. Menu makan siang dan makan malam yakni mie goreng dengan jamur serta suiran daging ayam.

4. Menu Hari Keempat

Menu sarapan terdiri dari sebutir telur rebus, bubur dengan potongan lobak. Menu makan siang dan makan malam yakni daging sapi katsu, kubis dan kentang rebus

5. Menu Hari Kelima

Menu sarapan terdiri dari susu skim dengan sereal whole grain. Menu makan siang dan makan malam yakni filet daging ayam tumis dengan sayur kangkung serta segenggam nasi putih.

6. Menu Hari Keenam

Menu sarapan yaitu bubur, ikan teri goreng dengan bayam rebus. Menu makan siang dan makan malam yakni pepes ikan, nasi merah 4 sdm dengan lalapan berupa timun dan kubis rebus



7. Menu Hari Ketujuh

Menu sarapan yaitu roti panggang dengan topping selai kacang almond. Menu makan siang gado-gado dengan satu butir telur rebus sementara makan malam nasi putih dengan salad kol dan udang.

8. Menu Hari Kedelapan

Menu sarapan roti panggang, pisang, dan telur goreng. Menu makan siang dan makan malam yakni nasi merah, kari dan kembang kol buncis serta daging panggang

9. Menu Hari Kesembilan

Menu sarapan yoghurt, kurma, dan nugget goreng. Menu makan siang dan makan malam yakni sop jamur dengan irisan daging ayam

10. Menu Hari Kesepuluh

Menu sarapan terdiri dari susu, oatmeal, blueberry dan pisang. Menu makan siang dan makan malam yakni salmon panggang, tumis buncis dan nasi merah.

11. Menu Hari Ke-11

Menu sarapan yaitu nasi putih setengah genggam, telur dadar dengan wortel parut. Menu makan siang dan makan malam yakni sop daging dengan kol dan wortel serta nasi jagung.

12. Menu Hari Ke-12

Menu sarapan roti bakar kayu manis, pisang dan selai cokelat. Menu makan siang dan makan malam yakni sup labu, nasi merah, ayam bakar.

13. Menu Hari Ke-13

Menu sarapan yaitu susu, blueberry, oatmeal. Menu makan siang dan makan malam yaitu nasi putih segenggam, sup sayur, dengan sate udang.

14. Menu Hari Ke-14

Menu sarapan yaitu susu kambing, kacang almond panggang dan pisang. Menu makan siang dan malam yakni nasi merah, fillet ikan, timun dan kol rebus serta sambal.

15. Menu Hari Ke-15

Menu sarapan yaitu bubur, suir daging sapi, dan bayam. Menu makan siang dan malam yakni sop ayam, nasi putih, buncis tumis.

16. Menu Hari Ke-16

Menu sarapan yaitu oatmeal, susu kedelai, kacang almond. Menu makan siang dan malam yakni jamur tumis, kentang rebus, dan daging sapi bakar.

17. Menu Hari Ke-17

Menu sarapan yaitu brokoli dan udang tumis, nasi putih. Menu makan siang dan malam yakni semangkuk salad bayam dan tomat, nasi merah dan sepotong ikan panggang

18. Menu Hari Ke-18

Menu sarapan yaitu yoghurt, keju parut, papaya dan apel. Menu makan siang dan makan malam yakni soto ayam, seporsi kentang rebus dengan perasan jeruk nipis

19. Menu Hari Ke-19

Menu sarapan yaitu bubur, telur dadar dan cah jamur. Menu makan siang dan malam yakni mie rebus dengan topping udang, daging ikan, mentimun, tomat, dan selada.

20. Menu Hari Ke-20

Menu sarapan yaitu roti panggang dengan topping alpukat serta selai kacang. Menu makan siang dan malam yakni nasi merah, sop wortel, sawi, serta irisan daging ayam

21. Menu Hari Ke-21

Menu sarapan yaitu susu almond, baby spinach dan pisang. Menu makan siang dan makan malam yakni soto ayam, seporsi kentang rebus dengan perasan jeruk nipis.

22. Menu Hari Ke-22

Menu sarapan yaitu jus buah dan sayur dan ubi jalar rebus. Menu makan siang dan malam yakni nasi merah, ikan lele bakar, lalapan daun pucuk ubi rebus dan sambal.

23. Menu Hari Ke-23

Menu sarapan yaitu bubur gandum, sosis panggang, dan jus buah. Menu makan siang dan malam soto ayam dengan tomat, kubis, serta segenggam nasi putih.

24. Menu Hari Ke-24

Menu sarapan yaitu barley rebus, pisang dan apel. Menu makan siang dan malam yakni nasi putih, tempe tahu bacem, tumis daun pucuk ubi.

25. Menu Hari Ke-25

Menu sarapan yaitu jus buah dan sayur segar, telur dan kentang rebus. Menu makan siang dan malam yakni tongseng kambing, lalapan timun, nasi putih.

26. Menu Hari Ke-26

Menu sarapan yaitu susu almond, pisang, dan oatmeal. Menu makan siang dan malam yakni sop wortel, sawi dan ayam bakar.

27. Menu Hari Ke-27

Menu sarapan yaitu bubur jagung dan ikan teri goreng. Menu makan siang dan malam yakni sepiring gado-gado dengan kentang rebus serta tempe tahu goreng.

28. Menu Hari Ke-28

Menu sarapan yaitu susu, pisang dan oatmeal. Menu makan siang dan malam yakni nasi putih, telur goreng, dengan sayur pare tumis.

29. Menu Hari Ke-29

Menu sarapan yaitu kentang panggang, krim keju, sosis. Menu makan siang dan malam yakni sop mi bihun, topping daging ayam dan nasi putih

30. Menu Hari Ke-30

Menu sarapan yaitu kentang rebus, buah apel dan semangka, serta keju. Menu makan siang dan malam yakni daging giling panggang, potongan paprika tumis dengan terong.

Menurut Journal of the Academy of Nutrition and Dietitics, defisit kalori yang diizinkan saat diet sebenarnya cukup 500 kalori saja perharinya. Menu diet sehat 30 hari adalah menu makanan yang tetap mempertimbangkan pemenuhan nutrisi harian dengan jumlah kalori yang dikurangi dalam batas tertentu. 

Subscribe to receive free email updates: